Scroll to top

Sinergitas TNI POLRI Dalam Penanggulangan Karhutla Di Kecamatan Kumpe

By Administrator 29 Jul 2018, 15:34:09 WIB KEGIATAN POLRES

Berita Terkait

Berita Populer

Sinergitas TNI POLRI Dalam Penanggulangan Karhutla Di Kecamatan Kumpe

Tribratanews.muarojambi.jambi.polri.go.id -   Tanggal Sabtu 28 Juli 2018 pukul 06.25 wib,lokasi Areal HPL PT. PESONA INDAH BELANTARA (PIB) Desa Betung, Kec. Kumpeh, Kab. Muaro Jambi mengalami kebakaran lahan.

adapun Luas Kebakaran lahan
diperkirakan telah mencapai 20 (dua puluh) Hektar.Jenis barang yang terbakar tanah Gambut dengan ditumbuhi Kayu dan semak belukar.

kegiatan pemadaman tersebut dilaksanakan oleh peraonel Polsek Kumpeh Ilir berjumlah 8 (delapan) Personil yg dipimpin langsung oleh Kapolsek Kumpeh Ilir Iptu Edy Bernawan.S.sos, Personel Koramil 0415-1 Suak Kandis berjumlah 8 org yang dipimpin langsung oleh Danramil 0415-1 SK,Personel Kec. Kumpeh berjumlah 4 orang yang dipimpin langsung oleh Camat Kumpeh,Personel Damkar PT. BEP berjumlah 6 Personel,Personel Damkar PT. RKK berjumlah 4 org dan Personel Manggala Agni berjumlah 2 Orang.

Peralatan yang diturunkan  dalam mengatasi kebakaran lahan tersebut diantaranya 
1. 1 Unit  mesin air jenis Sibahura milik Team Damkar PT. BEP.
2. 2 unit Mesin air jenis mesin air Robin milik Damkar PT. PIB.
3. 6 unit Alat Berat jenis Exsavator milik Mesin PT. PIB

pada saat dikonfirmasi Kapolsek Kumpe Ilir Iptu Edy Bernawan.S.sos mengatakan bahwa Langkah-Langkah yang dilakukan diantaranya Melaksanakan Penyekatan lokasi yang belum terbakar dengan mempergunakan Alat Berat PT.PIB,Upaya pemadaman dengan mempergunakan peralatan mesin air milik Team Damkar PT. BEP dan PT. PIB,Membuat Embung tempat penyediaan air,Mengerahkan Karyawan PT. PIB dan PT.BEP untuk membantu pemadaman api.

Ditempat berbeda Kapolres Muaro Jambi Akbp Mardiono SH.,S.I.K menjelaskan bahwa kondisi saat ini Minggu 29 Juli 2018 Wib, api dilokasi kawasan HPH PT. PIB Desa Betung yang terbakar belum dapat dipadamkan, namun sampai saat ini upaya pemadaman terus dilakukan. Dan penyekatan lokasi kebakaran masih terus dilakukan.
Besarnya Api dan kencangnya angin membuat kebakaran terus meluas.

Disamping itu Kendala yang dihadapi personel Polres Muaro Jambi dan tim yang lain adalah : 
1. Lokasi yg sangat jauh, tidak bisa ditempuh dengan kendaraan dari Darat yg terletak berada di dalangm kawasan hutan HPH PT. PIB Desa Betung.
Dimana untuk menuju lokasi dengan menggunakan sarana transfortasi air jenis pompong dengan waktu tempuh 4 s/d 5 Jam perjalanan.

2. Lokasi kebakaran yang semak belukar dengan kayu ranting sehingga upaya pemadaman menjadi terhambat.

3 Pohon-pohon tinggi yang terbakar bertumbangan, dan menjadi resiko bagi personel terkena timpa kayu yang tumbang saat melakukan pemadaman.

4. Lokasi yang jauh dan tidak ada perkampungan masyarakat serta tidak adanya Signal HP sehingga komunikasi terputus baik untuk komunikasi keluar maupun sesama personel dilapangan.

5. Minimnya alat kebakaran baik mesin air maupun selang yang panjang.

Namun kita tetap tindak lanjut dengan masih terus melakukan upaya penyekatan lokasi kebakaran agar tidak meluas,Koordinasi dengan Pihak terkait dan pihak perusahaan untuk mengambil langkah-langkah pemadaman.
 Dan kita juga telah koordinasi dengan Danru Team Manggala Agni bahwa pagi ini akan menuju lokasi lagi sebanyak 12 Orang,"tambah Kapolres Muaro Jambi Akbp Mardiono.SH.,S.I.K.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

Write a comment

Ada 5 Komentar untuk Berita Ini

View all comments

Write a comment

Sambutan Kapolres

Komitmen Kepolisian Resort Muaro Jambi mewujudkan transparansi dan aktualisasi dalam tubuh kepolisian serta sistematika penyampaian berita ataupun wacana dalam ruang lingkup Kepolisian Resor... Selengkapnya

PEMBANTU PIMPINAN DAN PENGAWAS

Video Terbaru

LINK TERKAIT

POLLING

Apakah isi content website ini sudah lengkap?

  Lengkap
  Cukup Lengkap
  Kurang Lengkap

AGENDA

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 👤 User Online 1
  • 👤 Today Visitor 1
  • 👤 Hits hari ini 1035
  • 👤 Total Hits 1295744
  • 👤 Total pengunjung 10356