Scroll to top

Modus Baru Perdagangan Manusia Modus Umroh Dibongkar Mabes Polri

By Administrator 18 Mei 2017, 19:35:27 WIB NASIONAL

Berita Terkait

Berita Populer

Modus Baru Perdagangan Manusia Modus Umroh Dibongkar Mabes Polri

Tribratanews.com – Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Mabes Polri berhasil mengungkap kasus perdagangan manusia modus baru menggunakan visa umroh.

Kepala Bareskrim Komjen Pol Aridono Sumanto mengungkapkan, modus ini terbongkar setelah banyak warga Indonesia yang berangkat menggunakan visa umroh bersama rombongan, namun mereka melarikan diri.

Kemudian dari data yang diperoleh Bareskrim Polri dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), di kota Riyadh, ada 286 jemaah umroh yang tidak kembali atau melarikan diri, dan hanya 69 orang yang sudah kembali ke Indonesia.

“Ada modus baru yang ditemukan yaitu menggunakan jalur umroh. Berangka pakai travel umroh dan sampai di sana melarikan diri untuk disalurkan ke tenaga kerja,” kata Aridono di Gedung Bareskrim, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (17-05-2017).

Komjen Pol Aridono Sumanto melanjutkan, untuk memuluskan aksinya para tersangka, kepada para korban perdagangan manusia ini sebelumnya dijanjikan akan disalurkan menjadi pelayan toko, pembantu rumah tangga yang dijanjikan bekerja di Arab Saudi tetapi kenyataannya justru dibawa ke Suriah.

Dalam pengungkapan ini, Bareskrim menetapkan 10 orang tersangka. Mereka dijerat Undang-Undang No. 21 Tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang dengan ancaman tiga sampai 15 tahun penjara.

“Semua ada laporan korban 148 orang dan yang ditetapkan tersangka 10 orang. Mereka masuk melalui jalur tikus pelaku ini akan dikenakan UU No. 21 tahun 2007 tentang tindak pidana perdagangan orang dengan ancaman hukuman antara 3 sampai 15 tahun penjara,” tutup Komjen Pol Aridono Sumanto.

(TBnews)

 




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment

Sambutan Kapolres

Komitmen Kepolisian Resort Muaro Jambi mewujudkan transparansi dan aktualisasi dalam tubuh kepolisian serta sistematika penyampaian berita ataupun wacana dalam ruang lingkup Kepolisian Resor... Selengkapnya

PEMBANTU PIMPINAN DAN PENGAWAS

Video Terbaru

LINK TERKAIT

POLLING

Apakah isi content website ini sudah lengkap?

  Lengkap
  Cukup Lengkap
  Kurang Lengkap

AGENDA

STATISTIK PENGUNJUNG

  • 👤 User Online 1
  • 👤 Today Visitor 1
  • 👤 Hits hari ini 460
  • 👤 Total Hits 213542
  • 👤 Total pengunjung 9528